BAGAIMANA CARA MEMBUAT SOTO AYAM YANG ENAK DAN SEHAT??? INTIP YUK RESEPNYA !!

Menu makan siang atau makan malam untuk beberapa orang Indonesia tentu tidak jauh-jauh dari namanya daging ya bunda, baik daging ayam, daging sapi, serta daging kambing. Bisa dikatakan ketiga type daging hewan itu adalah bahan masakan yang menjadi primadona bagi kebanyakan orang Indonesia, ditambah lagi daging ayam. Tidak hanya harga nya yang relatif terjangkau, gampang dibeli, dan yang pasti mudah untuk di proses jadi masakan apa pun.


Struktur daging ayam yang lebih lembut di banding daging sapi ataupun daging kambing membuat daging ayam ini begitu gampang untuk diolah dengan beragam tekhnik pengolahan. Dan apa pun tekhniknya tetap saja citarasa daging ayam ini tetaplah empuk serta lezat untuk di nikmati.

Tahukan bunda tidak hanya sebagian keunggulan diatas, nyatanya daging ayam masih memiliki keunggulan lagi lho, yakni kelebihannya dalam permasalahan gizi. Daging ayam dapat dibuktikan mengandung protein yang tinggi yang dapat menumbuhkan serta mempertebal daya tahan tubuh pada penyakit. Di samping protein, daging ayam juga mengandung sebagian gizi yang lain seperti lemak, kalsium, zat besi, serta vitamin. Hmm tidak hanya gampang di proses, bercitarasa nikmat namun juga menyehatkan.

Untuk penulisan pada kesempatan ini, penulis bakal coba mengetengahkan pada beberapa bunda serta penggemar kuliner tentang Resep Soto Ayam. Hmmm siapa sih yang tidak kenal serta tidak gemar soto ayam? Rasa-rasanya yang gurih, dengan kuah hangat, serta suwiran daging ayam nan nancap di lidah, siapa sih yang tahan? Hehehehe. Masakan ini umum disuguhi sebagai menu hidangan makan siang, makan malam, pesta pernikahan, acara arisan serta acar-acara resmi yang lain.

Kesegaran masakan ini makin mantap bila disajikan pada saat hangat berbarengan nasi putih, kerupuk udang atau keripik tempe, sambal, jeruk nipis serta kecap. Ada juga yang berani menggabungkan langkah menyantap masakan ini yang dibarengkan dengan sate telur puyuh, sate ati serta gorengan. Suka-suka anda ingin dipadukan berbarengan lauk-pauk yang lain lantaran masakan ini tetaplah merasa nikmat.

Beberapa bunda serta penggemar kuliner pernah coba membuat masakan ini? Untuk anda yang belum pernah, penulis bakal mengajak anda untuk berbarengan memerhatikan serta pelajari beberapa cara bikin Soto Ayam yang gampang mengasyikkan serta pastinya lezat. Anda tentu sudah tak sabar lagi bukan? Segera saja saksikan resepnya berikut ini.

 Bahan :
1. Daging ayam segar (700 gr)
2. Soun (200 gr)
3. Tauge segar (150 gr)
4. Daun bawang (1 batang)
5. Air masak (1, 5 liter)
6. Minyak goreng secukupnya
7. Bawang goreng secukupnya
8. Daun seledri (3 batang)

Bumbu :
1. Bawang putih (5 siung)
2. Bawang merah (8 siung)
3. Jahe (2 ruas jari)
4. Lengkuas (2 ruas jari)
5. Kemiri (5 butir)
6. Merica bubuk (1 1/2 sendok teh)
7. Gula pasir (1 sendok teh)
8. Garam serta penyedap rasa secukupnya

Langkah Memasak :
1. Potong-potong daging ayam serta bersihkan sampai benar-benar bersih, tiriskan.
2. Rebus daging ayam dengan air mendidih selama 2 menit untuk mensterilkannya dari kuman, lalu angkat dan tiriskan. Buang air sisa rebusannya.
3. Rebus kembali daging ayam dengan air matang sampai matang serta empuk. Angkat dan tiriskan. JANGAN BUANG AIR REBUSANNYA (AIR KALDU).
4. Panasi minyak goreng, goreng daging ayam sampai matang kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Diamkan sebentar supaya dingin.
5. Daging ayam goreng tadi lantas disuwir-suwir jadi kecil-kecil, sisihkan.
Iris-iris halus daun bawang serta daun seledri, letakkan pada wadah yang berbeda. Sisihkan.
6. Cuci tauge sampai betul-betul bersih. Lantas rendam di air panas selama 5 menit. Selanjutnya angkat serta tiriskan. Sisihkan.
7. Haluskan bawang putih, bawang merah, jahe, lengkuas, kemiri, gula pasir serta sedikit garam sampai betul-betul halus. Lalu campur dengan lada bubuk, haluskan sebentar.
8. Panasi 4 sendok makan minyak goreng, selanjutnya tumislah bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan tadi sampai matang serta harum. Angkat dan matikan api.
9. Rebus kembali air kaldu ayam, masukan tumisan bumbu kedalam rebusan, aduk rata. Berikan lagi garam serta penyedap rasa. Masak sampai mendidih.
10. Sembari menanti air kaldu mendidih, seduh soun dengan air hangat selama 3 menit, lalu angkat serta tiriskan. Sisihkan.
11. Setelah itu saat rebusan air kaldu ayam sudah mendidih, segera masukan irisan daun bawang serta daun seledri kedalam rebusan, aduk rata. Masak 1 menit, lalu matikan api serta angkat.
12. Tata soun, suwiran daging ayam serta tauge di mangkok saji, tuang rebusan kuah kaldu ayam diatasnya, lantas taburi dengan bawang goreng.

Sajikan berbarengan nasi putih, sambal, jeruk nipis, kecap serta kerupuk putih.


Gimana? Gampang kan bunda, jangan lupa komen dan share untuk teman-teman yaa
BAGAIMANA CARA MEMBUAT SOTO AYAM YANG ENAK DAN SEHAT??? INTIP YUK RESEPNYA !! BAGAIMANA CARA MEMBUAT SOTO AYAM YANG ENAK DAN SEHAT??? INTIP YUK RESEPNYA !! Reviewed by bulan on 21:48 Rating: 5

No comments

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();