RESEP DAWET AYU YANG SEGAR DAN NIKMAT


Es Dawet adalah merupakan minuman khas asal kota jepara, rasanya yang segar dan nikmat membuat es dawet ini begitu disukai oleh berbagai kalangan bari dari anak – anak hingga orang dewasa. bagi anda yang termasuk penggemar es dawet ini dan ingin tahu cara membuatnya, maka kali ini kami akan mencoba menghadirkan Resep Membuat Es Dawet Ayu Enak Praktis khusus buat anda penyuka minuman es yang segar dan nikmat ini. Adapun bahan dan cara membuat es dawet adalah sebagai berikut :

Resep  Es Dawet Ayu

Bahan Membuat Es Dawet :
250 gram tepung beras
2 liter air
2 sendok makan air kapur sirih

Untuk santan :
1 liter santan
1 1/2 sendok teh garam
* Rebus santan dan garam dengan menggunakan api takaran kecil.Setelah itu. Sisihkan.

Untuk Sirup Es Dawet Ayu :
250 gram gula merah
5 sendok makan gula pasir
1 liter air
3 lembar daun pandan
* Didihkan gula merah, daun pandan dan gula pasir dengan 1 liter air. Setelah itu saring. Selagi masih agak panas beri sekitar 2 sendok irisan nangka agar baunya terasa harum. Lalu sisihkan.

Pelengkap :
secukupnya nangka, diiris dadu dulu
Secukupnya es batu

Cara Membuat Es Dawet  :

- langkah pertama, Campurkan tepung beras, air kapur sirih dan sekitar 500 ml air. setelah itu sisihkan.
- Langkah kedua, rebus sisa air hingga mendidih, setelah itu masukkan adonan tepung beras tadi sambil terus diaduk aduk hingga jadi bubur encer.
- Selanjutnya sewaktu masih panas, adonan bubur beras tersebut dituangkan ke saringan dawet. Setelah itu tampung di bawahnya dengan air dingin matang. Kemudian tekan-tekan agar bubur dawet lolos semua ke bawah.

Cara Penyajian Es Dawet : Ambil gelas, kemudian tuangkan sirup gula jawa, setelah itu tambahkan dawet, kemudian nangka, lalu es batu, setelah itu siram dengan santan. dan tunggu hingga agak dingin, setelah itu es dawet buatan anda pun siap untuk di sruput.
RESEP DAWET AYU YANG SEGAR DAN NIKMAT RESEP DAWET AYU YANG SEGAR DAN NIKMAT Reviewed by bulan on 01:43 Rating: 5

No comments

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();