BOSAN DENGAN OLAHAN PEPAYA YANG GITU-GITU AJA? INI DIA RESEP MEMBUAT PERMEN/MANISAN PEPAYA BASAH & KERING YANG MUDAH DAN ENAK



Bahan bahan dasar membuat (memproses) manisan pepaya basah & kering spesial :

- Pepaya mengkal 1 buah

- Gula pasir 1 kg

- Garam 4 sendok makan (larutkan garam dengan air 1 liter)

- Kapur sirih 3 sendok teh (larutkan dengan air 1 liter)

Langkah membuat/memproses manisan pepaya basah spesial yakni : 

• Terlebih dulu buah pepaya dikupas serta dipotong-potong. Lantas di rendam dalam larutan garam hingga pepaya layu. Tiriskan.

• Potongan pepaya dibentuk menurut selera, lalu pepaya di rendam dalam larutan kapur sirih sepanjang semalam. Tiriskan serta pepaya dicuci sampai betul-betul bersih.

• Masukan ½ kg gula pasir kedalam pepaya, aduk rata. Diamkan selama 2 jam hingga pepaya berair. Tiriskan dan sisihkan airnya.

• Berikan air gula sisa rendaman tadi dengan ½ kg bekas gula pasir, lalu di rebus hingga menngental. Angkat serta dinginkan.

• Tuang air gula ke pepaya, lalu taruh dalam toples dan di rendam sepanjang semalaman hingga keluar air. Tiriskan.

• Manisan pepaya basah siap dihidangkan.

Langkah membuat/memproses camilan manisan pepaya kering khusus yakni :

1. Pepaya yang telah dipotong-potong di beri garam, lantas pepaya diremas-remas hingga pepaya layu. Lantas pepaya dicuci sampai bersih. Tiriskan.

2. Rendam pepaya kedalam larutan kapur sirih selama lebih kurang 2 jam. Bersihkan pepaya hingga betul-betul bersih.

3. Taburkan gula pasir ke pepaya, aduk rata hingga keluar airnya. Diamkan sepanjang 1 jam agar gulanya meresap.

4. Rebus bekas gula pasir hingga mendidih, masukan pepaya. Lantas di rendam selama semalam. Tiriskan.

5. Rebus kembali air gulanya hingga agak kental. Masukan pepaya lantas rendam semalaman lagi. Tiriskan.

6. Jemur pepaya di bawah cahaya matahari segera sepanjang lebih kurang 2 hari. Kemudian taruh manisan pepaya dalam toples.

7. Manisan pepaya kering siap dihidangkan.

Sekianlah tips resep masakan dari kami mengenai bagaimana caranya bikin (membikin) serta memproses buah pepaya jadi makanan simpel yang memiliki nilai cita rasa tinggi yakni makanan manisan basah ataupun manisan kering special (istimewa) yang fresh, enak, manis, enak, nikmat serta lezat. Mudah – mudahan tulisan singkat ini bisa memberi perbendaharaan wawasan ilmu dan pengetahuan untuk anda, terutama di bagian kuliner (resep masakan). Mudah-mudahan berguna, selamat coba. Janganlah Lupa di berbagi ya
BOSAN DENGAN OLAHAN PEPAYA YANG GITU-GITU AJA? INI DIA RESEP MEMBUAT PERMEN/MANISAN PEPAYA BASAH & KERING YANG MUDAH DAN ENAK BOSAN DENGAN OLAHAN PEPAYA YANG GITU-GITU AJA? INI DIA RESEP MEMBUAT PERMEN/MANISAN PEPAYA BASAH & KERING YANG MUDAH DAN ENAK Reviewed by bulan on 20:10 Rating: 5

No comments

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();